Saturday, May 27, 2017

Pengalaman SIMAK UI Pascasarjana 2017

Sudah sekian lama blog gw nganggur gara-gara susah mencari waktu dan tenaga (mager) dan pada kesempatan kali ini gw berupaya sekuat tenaga, memberanikan diri, menulis (red: mengetik) pengalaman gw mengikuti SIMAK UI untuk Pascasarjana gelombang 1 tahun 2017. 

Kisah dimulai pada bulan februari tahun 2017 tatkala gw ketemu temen SMA gw (secara kebetulan), sebut saja "bunga", di Lembaga Bahasa Universitas Udayana. Gw waktu itu lagi ikut tes TOEFL dan harus tembus skor 500 atau lebih sebagai salah satu syarat yang diminta beberapa perusahaan-perusahaan di Indonesia ketika melamar pekerjaan (sejujurnya gw ga tau berapa skor yg dibutuhin, gw cuman nerka - nerka aja hahaha). Tiba di tempat tes sekitar setengah jam sebelum tes dimulai dan sambil nunggu tes dimulai, gw baca-baca artikel - artikel sejarah yg gw biasa baca disini http://www.ancient-origins.net/ . Itung - itung sambil belajar biar writing dan reading season gw lancar juga dapet ilmu baru + menghilangkan kebosanan. Beberapa saat setelah gw baca artikel ke-2, gw scr ga sengaja liat temen SMA gw, si bunga, ikut tes TOEFL juga dan dia duduk di 2 barisan sebelah kanan depan gw. Gw langsung sapa dan nanya kabar dan kenapa dia ikut tes TOEFL. Si bunga ikut  tes TOEFL lantaran dia kepengin nyari beasiswa AAS (Australian Awards Scholarship) untuk ngelanjutin S2 nya. Selain ngincer AAS untuk lanjut studi S2, dia juga ada plan buat nyari S2 di UI lewat jalur SIMAK. Gw yg sedari awal pengin nyari kerja jadi tertarik juga buat ikut SIMAK UI Pascasarjana Gel 1.

Persiapan I
Pembukaan SIMAK UI Pascarsarjana Gel 1 adalah kisaran bulan februari dan berakhir di akhir maret dan gw daftarnya menjelang akhir bulan maret (karena harus meyakinkan diri untuk lanjut lagi S2 dan berhenti apply2x lowongan kerja). Pendaftaran SIMAK UI Pascasarjana bisa dilakukan lewat laman ini http://penerimaan.ui.ac.id/id tapi sebelumnya gw harus bikin id/account buat daftar dulu. Sebelum lu daftar SIMAK UI Pascasarjana, ada baiknya lu harus persiapin dokumen-dokumen berikut buat diupload :
a. Scan Ijasah S1 Asli & Scan fotocopy Ijasah S1 yang udah dilegalisir
b. Scan Transkip Nilai S1 Asli dan yang udah dilegalisir
c. Scan KTP

Nah karena semua dokumen sudah lengkap, saatnya mendaftar. Tata cara pendaftarannya adalah sebagai berikut (copas dari simak.ui.ac.id nya langsung) :

Cara Pendaftaran

Proses pendaftaran Universitas Indonesia terdiri dari 9 tahap
  1. Membuat account di situs penerimaan UI
    Klik link Buat Account di kanan atas lalu isi formulir yang muncul
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4x6 cm
    Anda harus mengunggah foto sebelum dapat membuat pendaftaran
  3. Membuat pendaftaran
    Anda dapat login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran
    Verifikasi dilakukan untuk memastikan Anda telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih
  5. Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran
    Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional
  6. Membayar biaya pendaftaran
    Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload foto dan melakukan verifikasi pendaftaran .
    Formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.
  7. Meng-download kartu ujian masuk
    Kartu ini harus dibawa ketika ujian seleksi masuk
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman
Khusus di point ke 3, nanti di bagian form pendaftarannya ada kolom untuk pengisian skor tes TPA / TOEFL. Kalau lu udah punya sertifikat tes TPA Bappenas / TOEFL lu bisa pakai skornya itu dengan catatan umur sertifikatnya tidak lebih dari 1 tahun. Gw waktu itu masukin skor tes TOEFL gw waktu tes di Lab Bahasa Universitas Udayana yang kebetulan skornya 520 (lumayan hahaha).
TAPI kalau lu ga punya sertifikat tes TPA Bappenas / TOEFL ga usah berkecil hati karena ini cuman additional requirement yg sifatnya ga wajib saja alias tambahan & tidak mempengaruhi penilaian SIMAK UI kedepannya. 

Di point ke 5, karena gw nyantumin skor TOEFL gw yg nanggung (iya nanggung, kurang 5 poin lagi bisa daftar AAS) otomatis gw harus upload hasil scan sertifikat TOEFL gw. Hal yang sama berlaku apabila ente nyantumin skor TPA Bappenas.

Skip Skip Skip, setelah lu isi kolom pendaftaran, milih jurusan / prodi yang lu mau, udah upload semua berkas yg dibutuhkan, klik simpan dan lanjut ke pembayaran tes SIMAK UI nya. Untuk biaya nya sebesar Rp 750.000 bagi jenjang Magister dan Profesi,  Rp 1.000.000 bagi prodi Psikologi Profesi dan  Ilmu Keperawatan. Pas lu bayar ke bank / lewat atm, jangan lupa ikutin step - step yg diberikan biar lu ga pusing. Step - step pembayarannya bisa dibaca disini : https://penerimaan.ui.ac.id/id/page/payment

Persiapan II
Tes SIMAK UI Pascasarjana berupa tes soal-soal TPA dan Bahasa Inggris. Gw waktu itu persiapan tesnya selama 1 bulan dengan belajar 3-4 kali dalam seminggu selama 2 jam (tiap orang bisa beda-beda, gw termasuk yg rada males kalau belajar hahaha). Soal TPA SIMAK UI nya terdiri dari soal : 1) Kemampuan Verbal, 2) Kemampuan Kuantitatif, dan 3) Penalaran. 

Untuk kemampuan verbal, tips gampangnya sih lu mesti rajin-rajin baca ensiklopedia atau baca - baca bacaan berat karena ada beberapa soal yang gw bahkan sama sekali ga tau itu katanya apa kata benda, kata sifat, atau kata kerja. Oh iya, jangan lupa juga buat sering latihan mencari ide pokok paragraf karena seinget gw soalnya itu ada soal cerita di bagian kemampuan verbal.

Untuk kemampuan kuantitatif, di soal-soal TPA Bappenas sih biasanya dikasi tips gimana cara pengerjaan yang mudah. Tipe soalnya sih ga jauh-jauh dari matematika dasar kek aljabar, pecahan, bangun datar dan ruang, dan soal cerita matematika. Untuk kemampuan kuantitatif, gw saranin bagi yg benci matematika tapi ngambil S2 prodi non-eksata mulai detik ini lo harus meditasi dulu untuk menghilangkan sifat kebencian lo terhadap matematika dan setelah selesai lu coba approachment yang mantap kek ngedeketin gebetan buat dijadiin pacar :D :D ). Gw waktu itu minta tolong temen gw buat ngajarin matik lagi scr dia emang jago matematika pas SMA sih.

Untuk kemampuan penalaran, tips dan cara pengerjaanya juga banyak dibahas di soal2x TPA Bappenas. Yang harus lo waspadai sih ada soal penalaran analitis yaitu lu disuruh analisis bacaan dan jawab 3-5 soal berdasarkan bacaan tersebut. Soal penalaran analitis ini yg paling banyak menguras waktu. Gw waktu latihan ni soal cuman bisa ngerjain 1 analisis dengan 3-4 soal dalam waktu +/-  1 jam :D. Intinya lo harus sering-sering latihan ni soal dan yang terpenting latihannya pas lagi good mood aja (itu gw)

H-2 sebelum SIMAK UI
H-2 gw berangkat menuju bumi Depok tercinta dari Bandara Ngurah Rai dan tiba di Bandara Soetta tapi sbelum gw brngkat gw udh dapet kost harian. O iya, gw sbenarnya beruntung ada temen kuliah di UI (waktu itu ketemu di Kampung Inggris, Pare) dan gw jadi tetangga kamar kostnya dia selama 3 hari. H-2 sebelum tes gw ngecek gedung tempat tes dan sekalian survey - survey makanan murah sekitaran UI bareng temen gw (mana tau gw lolos SIMAK UI hahaha). Dihari yang sama gw, selain prepare dokumen-dokumen yg diperlukan pas dateng ke tempat tes seperti KTP dan Kartu Ujian, juga ngulang lagi soal-soal yang gw ga begitu bisa gw kerjain. H-1 sebelum tes gw cuman belajar sampai siang, sisanya gw habiskan dengan jalan-jalan ke Margo City wkkwwkwk (saking stresnya belajar buat SIMAK)

Hari-H
Di hari ini, usahain lo berangkat pagi-pagi (gw kemarin berangkat jam set 7 pake ojek online) dan usahakan lo makan aja seadanya (roti + susu udah oke) sebelum berangkat. Jangan lupa berdoa dan salamin ibu-bapak lo.

O iya, penting bagi lo semua. Tes TPA SIMAK UI diselenggarakan pada sesi pertama selama 2,5 jam. Aturan dasarnya sih ga diperbolehkan bawa apapun kecuali pensil, pulpen, penghapus, penggaris, rautan, ktp dan kartu ujian pada saat mengerjakan tes. Bahkan memakai jam tangan aja ga boleh (penunjuk waktu akan diberikan oleh petugas). Biasanya setiap 1/2 jam sekali petugas pengawasnya bakal ngasi tau udah menit keberapa). Dan yang peling terpenting adalah, karena tes TPA SIMAK UI ini menggunakan sistem benar = +4, salah = -1, kosong = 0.  Jadi gw saranin jawab sebisanya saja. Pengalaman gw kemarin gw cuman jawab 93% di soal kemampuan verbal, 90% di kemampuan analitis dan sedikit di kemampuan kuantitaif (gw ga tau gw jawab seberapa banyak di kemampuan kuantitatif, yg pasti dikit banget dan mungkin ga nyampe 50% nya) 

Untuk tes Bhs. Inggrisnya, gw jawab semuanya karena tes bhs.inggrisnya ga ada sistem penilaian yang seperti tes TPA yg udh gw sebutin diatas. Gw kemarin agak keteteran yang reading season nya jadi gw menggunakan trik ngerjain dulu soal reading yang tipe ke gini "it refers to ....... DAN/ATAU word "apparently" can be replaced by ............ " baru ngerjain yang disuruh nyari ide topik pembahasan. 

The Judgement Day
Pengumuman lolos nggaknya gw kemarin itu tanggal 2 mei jam 10.00 WIB. Sejujurnya gw udah siap ga lolos karena gw ngerjain soal TPA nya aja yg tipe kuantitatif ga nyampe 50% dari semua soal. Gw buka lah itu web http://penerimaan.ui.ac.id/id dan masuk ke bagian lihat hasil seleksi. DAN TERNYATA ................... pengumuman hasil seleksinya diundur jadi diumumkan jam 16.00 WIB. Masih nunggu 6 jam lagi, gw mencoba menghilangkan ketegangan dengan ngegame yang disusul dengan lanjut tidur sampai jam 17.00 WIB (gw tidur 3 jam gila apa). 
Kembali gw buka tuh web pemompa jantung dan adrenalin, dan hasilnya :



Puji syukur kehadirat Tuhan YME atas segala karunia dan anugrah yang diberikan hingga gw akhirnya lolos juga. Gw pun ga menyangka nyangka bakal bisa lolos tes SIMAK UI Pascasarjana ini yang awalnya udah pasrah karena soal TPA yg tipe kuantitatifnya susah nian. Ga sia-sia gw belajar lagi matematika dasar sampe capek2x minta bantuan temen buat ngajarin matematika dasar lagi. 

Yak begitulah pengalaman gw mengikuti SIMAK UI. Semoga bagi kalian yang ingin lanjut studi S2 di Universitas Indonesia lewat SIMAK UI, setelah baca tulisan gw ini, bisa lolos di prodi pilihannya masing-masing yak. :D

60 comments:

  1. HALLO kaa.. ka ada email ga ? saya mau tanya-tanya sedikit tentang simak ui untuk pascasarjananya. terimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada : helix.tulastulis@gmail.com

      Terimakasih komentarnya :D

      Delete
    2. Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK eA

      Delete
  2. Kalau boleh tau soal matematika yang dimaksud apakah sama seperti saat ujian SBMPTN atau SNMPTN Tulis saat masuk sarjana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk soal matematikanya ada beberapa yang mirip soal SBMPTN Tulis. Tapi kalau mau lebih jelasnya, coba ke toko buku lalu cari buku TPA OTTO Bappenas. Nah model soal matematika nya mirip dengan yang di buku TPA tersebut.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Tulisan yg sangant bermanfaat
    kak mau nanya,apa beda SIMAK gel.1 dengan SIMAK genap ? terus kalo S2 kuliahnya di UI depok atau jakarta? banyak ga kak beasiswa untuk S2?
    sebenernya saya mau ikut SIMAK genap tapi terlalu mepet waktunya sedangkan saya belum ada persiapan sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih komentarnya.

      1. Perbedaanya untuk SIMAK gel.1 dan gel.2 itu kulihanya dilaksanakan di semester ganjil, tepatnya di bulan september. Sedangkan untuk SIMAK gel.3 / genap, kuliahnya dilaksanakan di semester genap, sekitar bulan februari (kalau ga salah)
      2. Tergantung mbak nyari jurusan apa. Saya sendiri mengambil S2 hukum konsentrasi Hukum Internasional, jadi kuliahnya di Salemba, Jakarta. Itu nanti ditentukan kebijakan masing-masing fakultas mbak
      3. Gpp mbak. Mbak ikut aja yang gelombang 1 atau 2 kalau memang belum siap. Kalau belum siap, brabe dong bayar 750k yg ujung2xnya ga lolos. Tapi ini semua tergntung pertimbangan pribadi mbak juga sih :D

      Delete
  5. halo mo tanya kosan hariannya dmna dan bayar berapa ya per hari? tks

    ReplyDelete
  6. mau tanya mas, bentuk soal TPA ada sinonim dan antonim kah?

    ReplyDelete
  7. Halo ka adit... ada email kah? saya mau tanya2 karena kebetulan saya maungambil s2 Ilmu Hukum juga... di UI
    terima kasih sebelumnya..

    -Rani Acynthia

    ReplyDelete
  8. Hi mau tanya dong. kalau boleh tau kakaknya S1 dimana ya? sama share IPKnya sih kalo boleh tau hehe mau tau aja yang lulus SIMAK S2 UI itu lulusan mana aja terus kayak gimana gitu sebelumnyaa soalnya saya S1 nya biasa2 aja tapi pengen banget ambil master di UI haha thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya s1 nya di universitas brawijaya. Kalau untk IPK, mohon maaf ya tidak bisa hehe :)
      Intinya sih s1 kita ga bakal dinilai sama pihak UI. Yg pnting lulus tes SIMAK nya ajah.

      Delete
    2. Ada persyaratan IPK min 2.75 buat daftar

      Delete
  9. Kak.. dulu pakai buku refrensinya apa untuk belajar? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai buku tpa yg biasa dijual di toko2x buku (gramed dkk) :D

      Delete
    2. Kemarin saya pake buku TPA Bappenas yang Aristo Chandra & Tim belinya di Gramedia Semanggi. Belum cobain simak UI sih tapi oktober tahun lalu ikut Tes TPA Bapennas belajar pake buku itu Alhamdulillah cm sekali tes nilai lolos diatas rata2 😂 Mungkin bisa jadi referensi

      Delete
    3. Iya bener banget. Buku Aristo Chandra bagus buat referensi tes TPA bappenas dan mungkin untuk tes UI juga

      Delete
  10. Kak mau nanya, untuk tes Bahasa nya apakah ada sinonim antonim?

    ReplyDelete
  11. Kalau bahasa inggris belajarnya dari buku buku mana kak? Toelf?

    ReplyDelete
  12. Halo.. Kak. Bermanfaat bgt tulisannya buat yang mau mendaftar. Oya, kak mau tanya. Kebetulan saya juga terterima di pascasarjana UI bulan ini, tapi bedanya saya pas diawal pendaftaran nggak mencantumkan skor TOEFL saya. Katanya skor TOEFLnya bisa diserahkan setelah terterima, menurut pengalaman kakak, skor TOEFL nya apa bisa diserahkan sewaktu kita mulai perkuliahan di bulan september ini nanti ga ya kak? Soalnya saya juga bingung, saya juga sama mahasiswa rantauan. Hehe terimakasih sebelumnya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh minta emailnya mba? mau tanya-tanya seputaran kelulusan simak

      Delete
  13. Terima kasih banyak atas informasinya kak,, bermanfaat. Mohon doanya semoga bisa lulus Simak UI Gelombang 2 tahun 2018 ini.. aamiin... Teman teman yg mau seleksi juga semoga bisa lulus yaa... Semangat! :))))

    ReplyDelete
  14. Terimakasih banyak maz, sangat detail penjelasannya. kebetulan pengen sekali ambil s2 di UI.

    ReplyDelete
  15. Kalo buku yang judulnya "SIMAK UI" gitu gimana kak ? bisa gak dijadiin referensi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bukunya ada tulisan untuk tes Pascasarjana SIMAK UI ga??
      Kalau ga ada berarti itu untk SIMAK UI untuk S1

      Delete
  16. Salam kak. Aku mau nanya, kalo udah lulus simak UI bisa langsung ngajuin beasiswa nggak kak? Trus kalo tes simak UI semuanya harus di Depok kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba aja. Itu sbg tanda kalau kita udh diterima masuk UI. Kalau tes SIMAK nya ga mesti di depok sih. Bisa di Jakarta atau di Surabaya.

      Delete
  17. Misi kak, waktu daftar simak yg awal Ada kesalahan data (tahun lulus) tp sdh tdk bisa diganti, apakah mempengaruhi kelulusan ngga yah ? Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Mau nanha untuk soal bahasa inggrisnya apakah seperti soal toelf? Lalu isi listningnya nggak?

    ReplyDelete
  19. Ada yang punya koleksi soal TPA dan English Pascasarjana UI?, :)

    ReplyDelete
  20. Halo kak mau tanya, kalo sertifikat elpt itb bisa dipakai buat daftar simak tdk ya?

    ReplyDelete
  21. kurang tau juga kalau soal itu. Coba tanya aja ke admin simak ui. No tel / emailnya ada di web simak

    ReplyDelete
  22. maaf mau tnya,, bener ga simak ui S2 cuman formalitas aja?? udah pasti lulus ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Up gan. Saya juga mau ikut tes bulan maret ini soalnya

      Delete
  23. Halo kak, mau tanya kalo kemaren waktu pendaftaran udh cantumin toefl apa harus tetep ikut tes b.ingg nya kah?

    ReplyDelete
  24. daftar jurusan apa mba?

    ReplyDelete
  25. Untuk pakaian bebas kan? Tidak harus menggunakan kemeja?

    ReplyDelete
  26. Mencerahkan sekali mas, bisa share WA nya mas, saya ingin sharing, kebetulan bulan ini kami ada seleksi penerimaan bea siswa tkt pascasarjana d perusahaan, moga aja lulus, tapi belum tahu sekolahnya didalam apa diluar negeri. Jika berkenan ini WA saya 089609845534, tks sebelumnya mas

    ReplyDelete
  27. Baca nya aja bikin deg2an. Berasa gw yg mau ikut tes dan lolos. Btw tahun ini gw mau ikutan simak UI. Semoga bisa luck juga ya.

    ReplyDelete
  28. Mas kemaren pilih CBT apa PBT? untuk CBT apa boleh pake kertas coretan ngerjain soal matematikanya?

    ReplyDelete
  29. haloo kak, saya mau tanya untuk ambil kelas khusus apakah harus memilki pengalaman kerja dulu sebelumnya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga perlu. Daftar aja langsung :)

      Delete
    2. Kak sblmnya makasih tulisannyaa.. sgt brmnfaat bwt rfrensi. Btw, kak punya kenalan magister ui anak biomedis ga? sya mau tanya2 peminatan jurusannya, soalny udh cari2 di google g ada ktrgan pmntan biomedis ui. mksih byk sblmnya kak.

      Delete
  30. Oh iyaa ka.. mau tanya juga. Klo simak ui ga ada persyaratan surat rekomendasi dr dosen/atasan ya???

    ReplyDelete
  31. Kalau pendaftaran ada reguler dan khusus, klu hanya pilihan reguler padahal maunya yg kelas khusus apa bisa ..masuk kelas khusus ya ..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau daftarnya kelas khusus masuknya ya ke kelas khusus. Begitu jg dengan kelas reguler. FYI aja, kalau saya kemarin di Pasca FH ngambil kelas khusus dan masuknya sore-malem jam 9. Kalau kelas reguler, menurut info temen, masuknya bisa pagi dan siang.

      Delete
  32. Kak aku mau tanya, waktu register di webnya kan untuk nilai tpa sama toefl bisa dikosongkan. Nah misal lolos nih ya, apa pihak sananya minta kedua nilai itu kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sih ga minta.. kalau misalkan kamu kosongin dan ga punya sertif toefl ya ga bakal diminta kok hehe.

      Delete
  33. Kakak... saya mau tanya..
    Kalo kita mendaftar ujian masuk pascasarjana UI, apakah kita harus daftar TPA Bappenas dulu?

    ReplyDelete
  34. Halo kak salam kenal...
    Tulisannya sangat membantu saya untuk meyakinkan diri buat melanjutkan kuliah S2.
    Terima kasih untuk tips & trik nya kak :)

    ReplyDelete
  35. ka..mksih sharenya. mau tnya, soal simak ui itu sm semua atau beda2 sih tergantung jurusan pascasarjana yg mau diambil?

    ReplyDelete
  36. Hallo kak, terimakasih utk pengalamannya. Sangat bermanfaat utk yg mau test masuk. Oh iya kak apakah saya boleh minta alamat emailnya krn ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan mengenai simak UI. Terimakasih kak

    ReplyDelete
  37. Hai Mas.. makasih mas pencerahannya ya.. doain yaa 21 Maret 2021 akan tes Pascasarjana UI... Sukses terus buat Mas... AAMIIN...

    ReplyDelete
  38. Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengalaman Simak Ui Pascasarjana 2017 ~ Bli Wahyu Blogsite >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner